Cara Membersihkan Lensa Kamera

Cara Membersihkan Lensa Kamera Agar Tidak Buram dan Berjamur

Posted on

Cara Membersihkan Lensa Kamera Agar Tidak Buram dan Berjamur – Salah satu bagian kamera entah itu kamera HP, DSLR, pocket dan kamera digital lainnya yang sangat rentan terhadap debu, jamur dan kotoran adalah lensa. Lensa yang kotor tentu akan sangat berpengaruh terhadap kualitas gambar atau video yang dihasilkan, oleh karena itu kita harus secara rutin dan berkala membersihkannya. Selain lensa bagian lain dari kamera yang juga harus dijaga kebersihannya adalah pada bagian sensor dan body kamera.

Ada beberapa alat yang bisa kita gunakan untuk membersihkan lensa kamera, diantaranya yaitu :

1. Blower

Membersihkan Lensa Kamera
Blower merupakan alat pembersih kamera yang paling umum digunakan, alat ini akan menghembuskan angin yang berguna untuk menyingkirkan debu dan kotoran yang melekat pada kamera.

2. Lenspen

Membersihkan Lensa Kamera Dengan Lenspen
Alat ini bentuknya seperti pulpen, yang berfungsi untuk membersihkan kotoran di kamera seperti debu, noda air dan finger print (bekas sidik jari).

3. Lens Tissue
Tisu untuk lensa kamera ini memiliki tekstur yang lembut sehingga saat digunakan untuk membersihkan optik pada lensa kamera tidak akan menyebabkan goresan.

4. Swab
Swab ini biasanya lebih sering digunakan untuk membersihkan bagian sensor kamera.

5. Sensor Clean

Membersihkan Lensa Kamera Dengan Sensor Clean
Fungsi dari sensor clean ini sama dengan swab yaitu untuk membersihkan sensor kamera. Sebelum dibersihkan dengan swab biasanya sensor kamera akan terlebih dahulu dibersihkan dengan sensor clean ini.

6. Cairan Pembersih
Cairan pembersih ini sangat berguna sekali untuk membersihkan kamera dari jamur, dalam penggunaannya biasanya cairan pembersih dipadukan dengan kain microfiber yang bersih dan steril.

7. Kain Microfiber
Kain ini selain untuk membersihkan body kamera juga bisa digunakan untuk membersihkan lensa, dimana saat penggunaan akan dipadu dengan cairan pembersih.

8. Cotton Bud
Pembersih telinga ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan lensa kamera, terutama dari kotoran yang kasat mata. Namun dalam penggunaannya perlu berhati-hati jangan sampai ditekan terlalu keras karena serat yang ada di cotton bud ini bisa menempel pada lensa atau sensor kamera.

Itu tadi adalah beberapa alat yang bisa digunakan untuk membersihkan lensa kamera. Kemudian bagaimana cara membersihkan lensa kamera yang baik dan benar?

Dalam membersihkan lensa kamera diperlukan kehati-hatian supaya lensa tidak tergores, karena apabila kita ceroboh dan asal-asalan yang ada bukannya bersih malahan lensa bisa rusak. Oleh karena itu anda perlu mengikuti panduan cara membersihkan lensa kamera berikut ini:

Bersihkan lensa kamera di tempat yang bersih
Hal ini penting, karena akan percuma jika tempat untuk kita membersihkan ternyata kotor dan banyak debu, yang ada setelah dibersihkan debu akan kembali menempel. Setelah tempat dipastikan bersih tinggal ada persiapkan alat-alatnya seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Melepas Lensa dari body kamera

Melepas Lensa Kamera
Setelah lensa terpisah dari body kamera, jangan lupa untuk menutup body kamera dan bagian belakang lensa supaya tidak ada kotoran yang masuk kedalamnya dan taruh body kamera di tempat yang aman. Barulah setelah itu anda mulai membersihkan lensa dan semua bagian kamera tersebut.

Bersihkan lensa kamera
Seperti sempat disinggung sebelumnya dalam memberihkan lensa ini harus hati-hati agar tidak tergores debu. Anda bisa menggunakan blower atau lenspen untuk menyingkirkan debu dan kotoran yang ada.

Setelah itu baru lap lensa kamera dengan lens tissue atau menggunakan kain microfiber yang sudah ditetesi cairan pembersih dengan gerakan memutar. Ingat jangan pernah meneteskan cairan pembersih langsung pada lensa kamera.

Setelah semua dibersihkan anda bisa langsung memasangnya kembali seperti semula dan kamera siap untuk digunakan. Membersihkan lensa kamera memang sangat penting agar performa kamera tetap maksimal dalam mengambil foto atau video, sehingga anda perlu rutin dan berkala melakukannya, apalagi untuk jenis action camera yang kadang-kadang digunakan untuk memotret di dalam air seperti kamera GoPro. Yang perlu diingat adalah gunakan alat yang sesuai ketika membersihkan jangan asal-asalan karena malah bisa merusak lensa kamera.

Itulah cara membersihkan lensa kamera yang baik dan benar supaya tetap jernih, tidak buram dan tidak berjamur. Semoga apa yang saya sampaikan kali ini bisa bermanfaat untuk anda semuanya, jangan lupa untuk selalu berkunjung ke mindtekno.com dan dapatkan berbagai info teknologi terbaru dan terupdate disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *