pendingin laptop terbaik

Cara Memilih Pendingin Laptop Terbaik Untuk Laptop Anda

Posted on

Cara Memilih Pendingin Laptop Terbaik – Mempunyai laptop, berarti kita harus siap dengan berbagai resiko untuk melakukan perawatan dan penjagaan agar fungsi dan kinerja laptop bisa tetap baik. Salah satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga temperatur laptop agar tetap dingin adalah menggunakan pendingin atau kipas laptop yang sering disebut cooling pad. Namun sebelum memutuskan untuk menggunakannya ada beberapa acuan yang sebaiknya Anda ketahui agar bisa memilih jenis cooling pad yang terbaik dan cocok untuk laptop anda.

Berikut ini adalah tips cara memilih pendingin laptop terbaik atau cooling pad yang cocok untuk laptop anda :

1. Lihat posisi kipas

Cooling pad yang ada saat ini tersedia dalam berbagai bentuk dan variasi, posisi, dan jumlah kipas yang disediakan. Sebelum menentukan jenis cooling pad yang dipilih, sebaiknya ketahui posisi ventilasi pada laptop Anda, sehingga bisa disesuaikan dengan posisi kipas pada cooling pad.

2. Perhatikan arah udara

Kipas pada cooling pad pun memiliki perbedaan pada aliran udaranya. Jenisnya secara umum terbagi dua, yakni yang mengarah ke bagian atas dan yang mengarah ke bagian bawah. Pilihan yang terbaik adalah kipas yang arah udaranya menuju ke bagian bawah, sehingga bisa menyerap suhu panas yang dihasilkan bodi laptop kemudian mengeluarkannya ke bawah.

3. Pilih bodi yang tepat

Cooling pad yang banyak dijual di pasaran biasanya terbuat dari berbagai bahan material. Yang paling banyak dan sering digunakan adalah bahan plastik dan bahan logam. Untuk pemilihan jenis cooling pad yang cocok untuk laptop, sebaiknya pilih yang berbahan logam karena bahan ini bisa menahan berat laptop dengan lebih kuat, dan bahan ini pun bisa menyerap hawa panas dengan lebih baik dibandingkan cooling pad berbahan plastik.

Baca juga :
Cara Memperbaiki Mouse yang Error
Cara Mempercepat Kinerja Komputer yang Lemot

Itulah beberapa acuan dalam cara memilih pendingin laptop terbaik atau cooling pad yang cocok untuk laptop anda. Jika selama ini Anda menggunakan jenis yang tidak sesuai dengan yang disarankan di atas, sebaiknya segera lakukan penggantian. Dan untuk Anda yang hingga saat ini masih menyepelekan fungsi dan manfaat cooling pad, sebaiknya segera pertimbangkan untuk mencobanya, karena mencegah kerusakan lebih baik daripada memperbaiki kerusakan.

Semoga bermanfaat.