cara menambah ram android tanpa root

Cara Menambah RAM Android Tanpa Root Terbukti Work

Posted on

Cara Menambah RAM Android Tanpa Root Terbukti Work. Menggunakan smartphone android erat kaitannya dengan penggunaan RAM didalamnya. Semakin besar memori RAM yang tersedia biasanya akan membuat perangkat berjalan lancar tanpa lag atau hang.

Namun untuk beberapa tipe android apalagi keluaran lama ini biasanya memiliki kapasitas RAM yang tergolong kecil seperti 512 MB. Hal ini membuat kinerja hp android akan menjadi lemot atau sering hang. Apalagi jika digunakan untuk membuka banyak aplikasi. Tentu akan semakin membebani RAM didalamnya.

Sebelum lebih lanjut mengenai bagaimana cara menambah RAM Android tanpa root. Ada baiknya dulu kita mengenal dulu apa itu RAM. Bagi sebagian besar orang ada yang belum mengerti tentang RAM. Jadi penggunaan RAM pada perangkat android memiliki peran yang sangat penting untuk menjalankan perangkat android.

RAM atau kepanjangan dari Random Acces Memory adalah sebuah komponen yang memiliki tugas untuk menjalankan aplikasi yang sebelumnya bekerja melalui proses komputasi pada prosesor. Kemudian setelah proses komputasi berjalan untuk mengolah hasil data maka data akan diteruskan ke RAM agar aplikasi dapat ditampilkan. Hal ini jika semakin banyak aplikasi yang berjalan akan mengurangi  kapasitas RAM yang tersedia.

Berikut penjelasan singkat mengenai RAM, untuk penyimpanan RAM semakin kesini semakin canggih. Sehingga sebuah perangkat smartphone dibekali ram yang besar. Mungkin dulu sebuah perangkat android dengan RAM 2GB tergolong dalam smartphone kelas atas atau high end.

Namun untuk tahun sekarang penggunaan 2GB sudah banyak digunakan hp android kelas menengah kebawah. Penggunaan RAM untuk smartphond kelas atas memakai RAM berkapasitas lebih dari 2GB, mulai dari 3GB, 4GB, 6GB, bahkan tidak tertutup kemungkinan RAM 8GB juga akan tersedia pada sebuah perangkat genggam.

Untuk pengguna smartphone android dengan kapasitas RAM yang cukup besar tentuk jarang untuk mengalami yang namanya hp lemot dan ngelag. Hal ini karena kapasitas ram yang lapang untuk menjalankan beragam aplikasi yang dibuka.

Lain halnya dengan yang memakai smartphone dengan RAM yang tergolong kecil tentu akan menjadi masalah jika terlalu banyak membuka atau menjalankan fungsi seperti main game online, social media, musik, download aplikasi secara bersamaan akan membuat perangkat menjadi lemot.

Lalu bagaimana cara membah RAM android tanpa root bila ingin membuat perangkat android berjalan mulus? Untuk mengatasi masalah tersebut, kali ini akan dibagikan cara menambah RAM android dengan menggunakan aplikasi yang tersedia gratis di Google Play Store.

Cara Menambah RAM Android Tanpa Root Terbukti Work

1. Cara Menambah RAM Android Tanpa Root dengan Aplikasi Smart Booster

Cara Menambah RAM Android Tanpa Root

Menggunakan Aplikasi ini cukup mudah berikut langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi Smart Booster di Google Play Store
  • Setelah selesai kemudian instal dan buka aplikasi Smart Booster, untuk menggunakan aplikasi ini cukup mudah tap pada menu yang bergambar roket.
  • Terdapat 4 level bost pada aplikasi ini yakni level Gentle, Medium, Strong dan level paling tinggi Aggressive
  • Untuk melonggarkan RAM lebih banyak masuk pada menu setting, lalu cari dan pilih menu ram booster kemudian ubah menjadi mode ram agressive.
  • Kemudian masih pada menu RAM Booster, pastikan piliihan yang kamu pilih yakni When Screen Off posisi dicentang, serta fitur  Delay To Boost When Screen Off pada keadaan Immediately.
  • Jika sudah sesuai kembali lagi ke masuk utama lalu klik gambar roket kecil agar proses berjalan.
  • Tunggu hingga proses selesai hingga ram menjadi longgar.

2. Cara Menambah RAM Android Tanpa Root dengan Aplikasi RAM Booster Xtreme Speed Free

Cara Menambah RAM Android Tanpa Root

Untuk menggunakan cara ini berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama download aplikasi RAM Booster Xtreme Speed Free di Google Play Store secara gratis lalu instal aplikasi tersebut.
  • Setelah terpasang, lalu buka aplikasi RAM Booster Xtreme Speed Free pilih menu Ram Booster, kemudian pilih Boost Ram, maka ram akan segera naik.
  • Pilih start pada menu RAM kemudian pilih Auto Booster Ram, agar proses Booster ram berjalan.
  • Untuk mengatur waktu dalam Auto Booster Ram masuk pada menu setting.
  • Dalam Tab killer dapat mematikan aplikasi mana saja yang tidak dibutuhkan atau tidak terlalu penting.
  • Kamu juga dapat memasukan beberapa aplikasi pada white list agar aplikasi tidak ikut dimatikan.

3. Cara Menambah RAM Android Tanpa Root dengan Aplikasi < 2GB RAM Booster

Dalam menggunakan cara ini berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :

  • Download aplikasi < 2GB RAM Booster di Google Play Store lalu instal aplikasi tersebut.
  • Buka aplikasi < 2GB RAM Booster, pada saat pertama membuka aplikasi tersebut akan ditampilkan tulisan pada bagian tengah.
  • Tap pada tulisan tersebut
  • Tunggu hingga proses selesai.
  • Setelah selesai maka kapasitas ram akan lebih longgar.

Aplikasi < 2GB RAM Booster, tergolong baru namun, kinerjanya cukup baik. Selain itu ukuran aplikasinya juga tergolong kecil sehingga tidak terlalu memakan banyak memori internal hp android.

4. Cara Menambah RAM Android Tanpa Root dengan Aplikasi Swapper

Cara Menambah RAM Android Tanpa Root

Menggunakan aplikasi Swapper ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkah berikut :

  • Download Aplikasi Swapper di Google Play Store.
  • Kemudian instal aplikasi tersebut pada perangkat android.
  • Setelah terinstal lalu buka aplikasi Swapper lalu aktifkan menu Active Swap on Boot.
  • Masuk pada menu Swap File Position, lalu pilih SD Card FAT Partition.
  • Lalu kemudian masuk pada menu Swap File Size masukan jumlah kapasitas memori virtual yang ingin ditambahkan.
  • Jika telah selesai simpan untuk menyelesaikannya.

Itulah cara menambah RAM Android tanpa root yang dapat dilakukan. Untuk membuktikannya silahkan pilih cara mana yang efektif digunakan untuk menambah kapasitas RAM pada smartphone android yang kamu gunakan. Semoga tips untuk menambah RAM pada perangkat android bisa bermanfaat, simak terus tips dan info seputar teknologi hanya di mindtekno terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *