Cara Menggunakan Kamera DSLR

Cara Menggunakan Kamera DSLR Secara Manual Bagi Para Pemula

Posted on

Cara Memotret Dengan Kamera DSLR – Jenis kamera yang sekarang ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan baik itu pemula maupun fotografer profesional adalah kamera DSLR. Di pasaran kamera DSLR sudah banyak tersedia dalam berbagai tipe dan merk, diantara merk kamera DSLR yang cukup populer yaitu Nikon dan Canon. Pemilihan jenis kamera ini selain karena hasil gambarnya yang sangat baik juga karena dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang akan semakin memudahkan dalam proses memotret. Untuk memperoleh hasil foto yang maksimal kita dituntut untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan kamera DSLR yang baik dan benar secara manual, baru setelah mengetahui settingan kamera yang tepat anda bisa langsung menggunakannya secara otomatis.

Namun terkadang permasalahan yang sering muncul dan dialami oleh para pemula adalah mereka sering dibuat bingung oleh banyaknya tombol dan menu yang ada di kamera DSLR tersebut. Jadi hal pertama yang harus anda lakukan adalah pahami dulu fungsi tombol pada kamera DSLR supaya nanti bisa mendapatkan hasil jepretan yang maksimal.

Oleh karena itu sebelum saya menjelaskan bagaimana cara menggunakan kamera DSLR bagi para pemula, akan saya jelaskan terlebih dahulu mengenai fungsi dari masing-masing tombol atau bagian yang ada pada kamera DSLR :

1. Built-in atau Pop-up Flashlight

Built-in atau Pop-up Flashlight
Bagian ini berfungsi sebagai penerangan utama yang akan bekerja secara otomatis ketika memotret. Namun anda juga bisa mematikannya jika tidak diperlukan seperti ketika mengambil gambar di tempat yang cukup terang.

2. Red-eye Reduction

Red-eye Reduction
Di dalam pemotretan biasanya terjadi efek iluminasi flash yang mengakibatkan terjadinya refleksi pembuluh darah pada mata, sehingga foto seseorang yang dihasilkan pada bagian mata-nya akan berwarna merah. Sehingga untuk mengatasi atau menghilangkan efek tersebut pada kamera DSLR dilengkapi dengan fitur Red-eye reduction.

3. Thumb Wheel atau Mode Dial

Tombol Thumb Wheel
Tombol thumb wheel ini berfungsi untuk mengatur mode pemotretan yang akan digunakan dimana bagian ini juga dilengkapi beberapa fitur advance yang bisa di setting sesuai kebutuhan.

4. Tombol Display

Tombol Display
Pada pengaturan mode manual, di bagian layar biasanya ditampilkan mengenai informasi setting apa saja yang ada di mode tersebut. Jika tidak ingin melihatnya, anda bisa menekan tombol display untuk mematikan layar.

5. Main Dial

Main Dial
Main dial berfungsi untuk mengatur tinggi rendahnya aperture, shutter speed dan juga AF point.

6. Shutter atau Tombol Shooting
Sebuah tombol yang berfungsi untuk mengambil gambar.

7. Grip
Bagian ini berfungsi sebagai pegangan saat mengambil gambar, letaknya ada disebelah kanan kamera dengan bentuk yang sedikit menonjol.

8. Tombol Lensa
Tombol ini digunakan pada saat akan mengganti lensa kamera, yaitu berfungsi untuk melepas dan mengunci lensa yang sudah terpasang.

9. Lensa Camera
Lensa kamera berfungsi untuk menangkap gambar objek yang dibidik, pada kamera DSLR lensa-nya bisa diganti sesuai kebutuhan.

10. Manual and Automatic Focus Setting
Pada kamera DSLR kita bisa memilih sendiri settingan auto focus-nya mau yang manual atau yang otomatis melalui fitur ini.

11. Tombol Flash
Berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan flashlight pada mode manual.

12. Viewfinder
Bagian yang terhubung langsung dengan lensa utama ini berfungsi untuk membidik objek yang akan difoto.

13. Monitor LCD
Berfungsi untuk menampilkan gambar atau foto yang dihasilkan, selain itu monitor LCD juga untuk menampilkan pengaturan kamera dan fitur-fitur lainnya.

14. Tombol Navigasi
Berfungsi untuk menggerakan kamera ke kanan, kiri, atas atau bawah saat sedang melihat hasil gambar yang telah diambil. Tombol navigasi sendiri biasanya berbentuk analog, scroll dan tombol 4 arah biasa.

15. Tombol AV
AV merupakan kepanjangan dari aperture value, jadi tombol ini digunakan untuk mengatur aperture.

16. Tombol Fn/Q
Inilah tombol yang digunakan untuk mengatur white balance pada kamera.

17. Tombol Zoom in Zoom Out
Pada kamera DSLR fungsi dari tombol zoom ini adalah untuk memperbesar gambar yang telah dihasilkan, bukan memperbesar objek yang akan dibidik seperti pada kamera digital biasa.

18. Tombol Life View
Fungsi tombol ini sama dengan Viewfinder yaitu untuk membidik gambar, bedanya tombol ini digunakan melalui layar LCD.

19. Tombol Menu dan Info
Untuk menampilkan berbagai menu dan settingan yang ada di kamera.

20. Tombol Preview
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan atau masuk ke galeri foto dan melihat foto yang telah dihasilkan.

21. Tombol Hapus
Sesuai namanya tombol ini berfungsi untuk mengapus foto yang tidak diinginkan.

22. Tombol ON/OFF
Saya rasa semua sudah pada tahu kalau ini adalah tombol untuk menghidupkan dan mematikan kamera.

Nah sudah pada paham kan mengenai fungsi tombol pada kamera DSLR? Berikutnya akan saya jelaskan mengenai cara menggunakan kamera DSLR secara manual yang baik dan benar bagi para pemula yang ingin menjadi seorang fotografer profesional.

Berikut adalah langkah-langkah cara menggunakan kamera DSLR :

1. Nyalakan Kamera
Nyalakan kamera anda dengan menekan tombol ON, kemudian cek fokus kamera dengan cara melihat objek yang akan dibidik melalui viewfinder. Untuk para pemula biasakan lah untuk memotret melalui viewfinder jangan menggunakan monitor LCD supaya bisa lebih detail dalam melihat objek bidikan.

2. Atur Menu Pada Kamera
Yang perlu disetting terlebih dahulu adalah terkait pengaturan ISO, aperture/diafragma, white balance, shutter speed, format gambar dan ukuran gambar yang ingin disimpan di memori kamera. Dalam hal mensetting menu pada kamera agar mendapatkan hasil gambar yang baik memang tidak bisa instan, dibutuhkan proses belajar dan praktek secara konsisten hingga menemukan settingan yang pas sesuai keinginan kita.

3. Bidik Objek
Saat semua settingan dirasa sudah sesuai, kini saatnya untuk mulai mengambil gambar objek yang diinginkan. Keahlian kita dalam menentukan angle and sense of art akan membuat sebuah objek yang kelihatannya biasa saja saat dilihat langsung dengan mata bisa menjadi sebuah gambar yang luar biasa bila dilihat melalui kamera.

4. Gunakan Autofocus
Untuk fokus kamera sebenarnya bisa kita atur secara manual, namun apabila anda tidak ingin repot bisa dengan mengaktifkan autofocus. Autofocus berfungsi normal atau tidak bisa dicek dengan cara menekan setengah tombol shooting.

5. Perhatikan 4 Element Utama Dalam Fotografi
Sebelum melakukan jepretan, ada 4 element yang harus diperhatikan yaitu terkait kondisi pencahayaan, sudut pandang atau angle, komposisi dan momen yang pas untuk mengambil gambar. Kalau semuanya sudah terpenuhi maka langsung dieksekusi saja dengan menekan tombol shutter.

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa dalam fotografi dibutuhkan ketekunan dan praktek yang terus menerus untuk bisa menghasilkan gambar yang baik, hal ini secara tidak langsung juga akan menambah jam terbang dan semakin mengasah keahlian fotografi kita. Untuk pemula beberapa fungsi dasar pada kamera DSLR yang harus benar-benar dikuasai adalah ISO, shutter speed dan arpeture supaya memperoleh jepretan yang bagus.

Selain itu ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan mengenai cara menggunakan kamera DSLR ini yaitu terkait cara memegang kamera dan komposisi rules of third.

Cara Memegang Kamera DSLR
Ketika anda baru memulai belajar fotografi hal pertama yang perlu dipelajari adalah tentang cara memegang kamera yang baik dan benar. Coba perhatikan gambar berikut!

Cara Memegang Kamera DSLR

Cara memegang kamera yang benar yaitu tangan kanan memegang body kamera dengan posisi jari telunjuk siap menekan tombol shutter, sedangkan tangan kiri memegang kamera bagian bawah, posisi siku juga bisa anda tempelkan ke badan supaya kamera lebih stabil dan bebas dari goncangan.

Rules Of Third

Rules Of Third
Rule of Third merupakan suatu aturan komposisi dimana bidang foto akan dibagi menjadi 3 bagian yang sama besar, sehingga anda mempunyai 9 area yang sama besar. Pada hasil pembagian bidang ini akan terdapat 4 titik pertemuan. Dengan aturan ini anda dapat memposisikan objek yang akan difoto pada salah satu pertemuan 4 titik tersebut untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan jelas.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan terkait cara menggunakan kamera DSLR bagi para pemula. Semoga informasi ini bisa membantu anda dalam belajar fotografi dan mewujudkan cita-cita menjadi seorang fotografer profesional.

One thought on “Cara Menggunakan Kamera DSLR Secara Manual Bagi Para Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *