Cara Menyimpan Data di Google Drive Dengan Sangat Mudah

Posted on

Cara menyimpan data di google drive sama dengan menyimpan file online di tempat lainnya. Untuk anda yang yang belum mengetahui fasilitas keren yang diberikan oleh google, lebih baik baca artikel ini sampai tuntas. Mindtekno.com pada kesempatan ini akan berbagi trik bagaimana cara menyimpan file online dengan google drive.

cara menyimpan data di google drive

Sebenarnya ada banyak sekali fasilitas di internet yang memungkinkan kita untuk menyimpan file secara online di Internet, namun sekarang ini sebuah fasilitas yang cukup menguntungkan kita dari google yang baik hati, memberikan drive penyimpanan online untuk pengguna akunnya.

Jadi Google Drive adalah sebuah ruang penyimpanan online yang diberikan oleh google secara cuma – cuma kepada penggunanya yang dengan itu kita bisa menyimpan file apa saja dan kita juga bisa melihat file tersebut dimana saja kapan saja selain itu kita juga bisa bertukar file dengan teman yang lainnya.

Berapa kapasitas yang diberikan di Google Drive ?

Walapun tidak seperti memori fisik, tapi 15 GB cukup untuk kita menyimpan data di google drive berupa data – data yang penting sehingga dimanapun kita, asal jaringan internet bisa kita akses, file tersebut bisa kita buka.

Oke, tidak perlu diperpanjang lagi, sekarang kita mulai saja tutorial bagaimana cara menyimpan data ke google drive dengan sangat mudah.

Cara Menyimpan Data di Google Drive Dari Komputer

Untuk bisa menggunakan fasilitas ini ada satu syarat yang harus anda penuhi yaitu anda harus memiliki sebuah akun google, atau lebih mudahnya akun email google ? Sudahkah anda memilikinya ? Kalau belum, buat sekarang juga !

Baca : Cara membuat akun email google 

Untuk yang udah punya akun email google langsung saja langkah pertama akses alamat berikut https://www.google.com/drive/

cara menyimpan data di google drive

Kemudian langsung saja klik “Go to Google Drive” Kemudian silahkan masukkan alamat email dan password google anda seperti ketika anda login ke email.

cara menyimpan data di google drive

Selanjutnya anda akan langsung dibawa masuk ke dashboard Drive anda di google. Terdapat beberapa menu yang ada di sebelah kiri dan juga pojok kanan atas

cara menyimpan data di google drive

Nah sekarang kita langsung masuk pada inti pembahasan kali ini yaitu cara menyimpan data di google drive. Pertama silahkan siapkan file atau data yang akan anda simpan di Google Drive. Di sini akan saya siapkan sebuah foto atau gambar (file image) akan saya simpan di google drive.

Cara menyimpan foto di google drive sebenarnya hampir sama dengan ketika kita menguploud gambar ke media sosial misalnya. Pada hakekatnya sama.

  1. Dari dashboard google drive milik anda, klik “My Drive”
    cara menyimpan data di google drive
  2. Pilih file yang akan anda simpan di google drive kemudian klik “Open”
    cara menyimpan data di google drive
  3. Tunggu sampai proses Uploud data selesai, semakin besar kapasitasnya maka akan semakin lama
    cara menyimpan data di google drive
  4. Setelah selesai, maka anda akan melihat file tersebut di dashboard drive anda, seperti ini
    cara menyimpan data di google drive

Anda bisa menyimpan file apa saja di dalam Drive anda asalkan tidak melebihi batas yang sudah google berikan secara cuma – cuma. Anda juga bisa melakukan upgrade storage tapi anda akan dikenakan biaya per bulannya. Jadi lebih baik dihapus saja apabila datanya sudah tidak dibutuhkan lagi. Oke sekian tutorial kali ini tentang cara menyimpan data di google drive. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *