Jenis-jenis Kamera

Inilah Jenis-jenis Kamera Yang Paling Banyak Digunakan

Posted on

Jenis-jenis Kamera – Banyaknya model kamera yang beredar di pasaran tentu akan membuat kita bingung menentukan pilihan mana kamera yang cocok dan sesuai untuk kita. Jadi akan lebih baik sebelum membeli anda pahami terlebih dahulu macam-macam jenis kamera yang ada saat ini supaya tidak bingung lagi dalam menentukan pilihan.

Secara umum kamera dibedakan menjadi 2 kategori, yaitu kamera analog dan kamera digital. Kamera analog adalah kamera yang menjadikan negative film sebagai media penyimpanan, sedangkan kamera digital menggunakan memory card untuk menyimpan foto hasil jepretannya.

Dan berikut adalah daftar lengkap jenis-jenis kamera yang ada saat ini:

1. Kamera SLR ( Single Lens Reflex )

Kamera SLR
Kamera SLR adalah kamera yang dalam penggambilan gambar menggunakan sistem jajaran lensa jalur tunggal untuk meneruskan berkas cahaya ke bagian Focal Plane dan View Finder. Sehingga akan menghasilkan gambar yang sangat mirip atau sama persis dengan objek yang difoto. Berdasarkan cara kerjanya kamera SLR terbagi menjadi 3 jenis yaitu yang full manual, analog elektronik dan full automatic.

2. Kamera DSLR

Kamera DSLR
Kamera DSLR adalah kamera yang dilengkapi dengan banyak fitur dan bisa disetting sesuai keinginan. Lensa kamera ini juga bisa digonta-ganti untuk menyesuaikan kondisi pada saat pengambilan gambar. Sekilas kalau memperhatikan nama mungkin agak mirip dengan jenis kamera pada nomor satu, cuma beda ketambahan huruf “D” saja. Tapi ternyata kedua kamera ini sangat berbeda, anda bisa mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan keduanya pada artikel saya sebelumnya yang membahas tentang perbedaan kamera SLR dan DSLR.

Yang perlu dicatat mengenai kamera DSLR ini adalah bahwa banyaknya fitur yang disediakan akan menuntut kita untuk benar-benar memahami bagaimana settingan yang tepat agar gambar yang dihasilkan maksimal. Tidak heran jika para fotografer profesional banyak menggunakan jenis kamera DSLR ini.

3. Kamera TLR

Kamera TLR
Kamera TLR adalah kamera yang memiliki dua lensa objektif dengan panjang fokus sama. Lensa satu berfungsi menangkap gambar yang dipantulkan oleh cermin pembidik, sedangkan lensa dua akan menangkap gambar untuk diteruskan ke film. Kedua lensa ini akan bekerja secara bersamaan sampai gambar objek yang dibidik tampak menyatu.

4. Kamera Polaroid

Kamera Polaroid
Kamera Polaroid atau sering disebut dengan kamera langsung jadi adalah sebuah kamera yang bisa langsung mencetak sendiri foto hasil jepretannya tanpa perlu bantuan media lainnya. Kamera ini memakai film khusus yaitu film polaroid. Untuk film polaroid yang bisa mencetak foto berwarna dinamakan film polacolor.

5. Kamera Pocket

Kamera Pocket
Kamera pocket atau kamera saku memiliki bentuk yang cukup kecil dan simple sehingga sangat pas untuk ditaruh dalam saku. Dalam penggunaannya jenis kamera ini tidak membutuhkan pengaturan yang ribet karena memang sudah menggunakan mode auto. Harga kamera pocket juga sangat terjangkau.

6. Kamera Prosumer atau Bridge Camera

Kamera Prosumer
Prosumer merupakan singkatan yang diambil dari kata Profesional dan Consumer. Fitur pada kamera ini lebih lengkap dari pada kamera saku, diantaranya ada pengaturan exposure dan iso secara manual.

7. Kamera Underwater

Kamera Underwater
Kamera ini digunakan untuk mengambil objek gambar yang ada didalam air, sehingga didesign dengan daya tahan yang baik dan mampu bekerja secara maksimal ketika ada didalam air.

8. Boutique Camera

Boutique Camera
Boutique Camera merupakan salah satu icon dari perusahaan kamera terkenal di dunia yaitu Leica. Kamera ini termasuk dalam kamera kelas atas dan memiliki harga yang cukup wow yakni sekitar 30 juta lebih, walaupun memakai desain retro dan terkesan kuno, namun gambar yang dihasilkan setara dengan kamera DSLR.

9. Kamera Mirrorless

Kamera Mirrorless
Kamera mirrorless adalah nama model kamera yang mengacu pada mirrorless interchangeable lens camera (MILC), yaitu sebuah kamera yang lensanya bisa digonta-ganti sesuai keperluan, tetapi kamera mirrorless tidak memiliki cermin seperti kamera DSLR. Dengan tidak adanya cermin menjadikan bentuk kamera ini lebih simpel daripada kamera DSLR.

10. Action Camera

Action Camera atau Kamera Aksi
Inilah jenis kamera yang saat ini sangat digemari terutama oleh anak muda dan mereka yang suka melakukan olahraga ekstrim. Kamera ini juga sering digunakan oleh para vlogger. Kamera ini umumnya lebih banyak digunakan untuk merekam video ketimbang foto dan dapat dipasang di atas kendaraan atau helm. Salah satu yang cukup populer dalam kamera aksi ini diantaranya ada kamera GoPro.

11. Kamera Video

Kamera Video
Pernah dengar kata handycam kan? Ya inilah kamera yang digunakan untuk mengambil video namun tidak bisa untuk mengambil foto atau gambar. Yang termasuk jenis-jenis kamera ini selain handycam yang merupakan salah satu produk Sony, ada juga kamera CCTV atau Closed Circuit Television yang digunakan untuk memantau suatu tempat terkait masalah keamanan atau tindak kejahatan.

12. Kamera Medium Format

Kamera Medium Format
Kamera ini biasanya digunakan untuk kepentingan komersil yaitu mengambil gambar produk yang akan dijual karena mampu menghasilkan gambar dengan sangat detail.

Itulah jenis-jenis kamera yang perlu anda ketahui, sebenarnya masih banyak lagi yang lainnya, namun secara umum daftar kamera diatas adalah yang paling banyak digunakan dan sering kita jumpai di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *