Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

Perbedaan Kamera SLR Dan DSLR Yang Wajib Anda Ketahui

Posted on

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR – Pesatnya perkembangan teknologi saat ini sudah banyak memunculkan berbagai inovasi dan penemuan baru disemua bidang, salah satunya adalah di bidang fotografi, yang merupakan sebuah kegiatan menghasilkan gambar atau foto menggunakan alat bernama kamera.

Seperti yang kita tahu sekarang kamera banyak tersedia dalam berbagai jenis dan model dengan dilengkapi fitur-fitur canggih didalamnya, selain untuk keperluan fotografi kamera juga bisa digunakan untuk merekam video. Secara umum berdasarkan cara pengambilan gambarnya, kamera dibedakan menjadi dua jenis yaitu kamera SLR dan kamera DSLR.

Jika dulu orang yang mempunyai kamera SLR atau kamera DSLR hanya kalangan fotografer profesional saja, saat ini hampir semua orang memilikinya, selain karena harga yang sudah cukup terjangkau juga karena makin populernya hobi fotografi sekarang ini.

Untuk Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia fotografi tentu tidak asing lagi dengan kedua jenis kamera ini, tapi yang baru mulai atau masih pemula mungkin masih asing dengan istilah tersebut. Pastinya akan muncul pertanyaan, apa sebenarnya perbedaan antara kamera SLR dan kamera DSLR itu?

Nah untuk menjawab pertanyaan Anda, di artikel ini akan saya jelaskan secara lengkap dan mendetail mengenai perbedaan dari kedua jenis kamera tersebut, supaya nantinya Anda bisa menentukan sendiri jenis kamera mana yang cocok untuk fotografer pemula seperti Anda.

Berikut adalah perbedaan kamera SLR dan DSLR yang perlu Anda ketahui, dilihat dari beberapa sisi:

1. Cara Kerja

  • Kamera SLR
    SLR sendiri merupakan kepanjangan dari single lens reflex. Yang artinya jenis kamera ini menggunakan sistem jajaran lensa berjalur tunggal dalam proses pengambilan gambar. Yaitu dengan meneruskan cahaya hasil jepretan melalui perantara lensa ke dua tempat berbeda secara bersamaan yaitu focal plane dan view finder, sehingga gambar yang dihasilkan akan sesuai atau sama persis dengan objek aslinya.
  • Kamera DSLR
    DSLR adalah kepanjangan dari digital single lens reflex. Yang artinya dalam proses pengambilan gambar, kamera modern ini memakai pentaprisma dan mechanical mirror system ketika meneruskan cahaya dari lensa ke bagian optical view finder.

2. Jumlah Tombol

Cara paling mudah untuk mengetahui perbedaan kamera SLR dan DSLR adalah dengan melihat tampilan fisiknya, terutama pada jumlah tombol yang tersedia. Kamera SLR biasanya memiliki jumlah tombol yang lebih sedikit dibandingkan dengan kamera DSLR karena memang jumlah fiturnya yang terbatas, sedangkan kamera DSLR memiliki lebih banyak fitur.

3. Fitur

Sudah disinggung diatas bahwa fitur pada kamera SLR lebih sedikit jika dibandingkan dengan kamera DSLR. Kamera DSLR sudah menggunakan teknologi digital didalamnya, dimana segala sesuatunya bisa kita atur sesuai keinginan. Diantaranya adalah fitur-fitur seperti setting white balance, resolusi, preset scenes dan berbagai fitur canggih lainnya yang tidak terdapat pada kamera SLR.

4. Media Penyimpanan

  • Kamera SLRFilm 35mm kamera SLR
    Media penyimpanan yang digunakan pada kamera SLR adalah berupa film 35mm dan analog. Hal ini memang akan menjadikan kita tidak memerlukan perangkat lain seperti komputer dalam proses pencetakan foto, namun kita tidak bisa mengeditnya sebelum dicetak dan bila ada kesalahan atau hasil jepretan kurang sesuai maka tidak bisa dihapus atau diulangi lagi.
  • Kamera DSLRKartu memori kamera DSLR
    Tempat penyimpanan yang lebih praktis digunakan dalam kamera jenis ini, yaitu menggunakan kartu memori dengan jumlah kapasitas yang bisa kita tentukan sendiri. Kebalikan dari kamera SLR, pada kamera DSLR kita dapat melihat terlebih dahulu hasil jepretan yang dihasilkan, bila tidak sesuai bisa langsung dihapus dan diulangi. Kita juga bisa mengedit fotonya terlebih dahulu menggunakan laptop atau komputer sebelum dicetak.

5. Pencetakan Gambar

Dilihat dari tempat atau media penyimpanan gambar saja sudah berbeda, hal ini tentu akan membedakan pula dalam proses pencetakan gambarnya. Hasil foto kamera SLR biasanya dicetak menggunakan negative film atau sering disebut roll film. Sedangkan hasil foto kamera DSLR biasa dicetak menggunakan media printer, dimana hasilnya bisa langsung jadi tanpa menunggu waktu yang terlalu lama.

6. Harga SLR dan DSLR

Kalau membaca berbagai pemaparan diatas pasti Anda akan berpikir bahwa harga kamera DSLR lebih mahal dibandingkan kamera SLR, karena berbagai keunggulan fitur yang ditawarkan. Namun pada kenyataannya kamera SLR tenyata memiliki harga yang lebih mahal, walau segala fitur dan pengaturannya dilakukan secara manual. Mungkin benar kalau barang antik atau klasik terkadang justru memiliki harga jual yang lebih tinggi.

Lebih Bagus SLR atau DSLR?

Setelah membaca beberapa perbedaan kamera SLR dan DSLR diatas apakah Anda sudah bisa menentukan jenis kamera mana yang akan dipilih? Saran saya jika memang Anda benar-benar ingin menekuni dunia fotografi secara serius, pilihlah kamera SLR, karena menurut saya kamera jenis ini sangat cocok digunakan sebagai kamera untuk fotografer pemula.

Karena dalam menggunakan kamera SLR kita juga dituntut memiliki skill dan teknik yang mumpuni dalam seni fotografi agar menghasilkan gambar yang bagus dalam sekali jepret. Sehingga disini kita bisa terus belajar mengasah kemampuan kita dalam memotret dan mengetahui bagaimana teknik yang baik. Namun jika Anda menginginkan kamera yang praktis dalam penggunaannya tentu pilihannya adalah kamera DSLR.

Apapun pilihannya, yang terpenting pilihlah kamera sesuai dengan kondisi keuangan Anda. OK!
Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *