Metode memasukkan Preset Lightroom di Android

Posted on

Lightroom adalah golongan aplikasi editing yang digunakan oleh banyak pihak untuk menghasilkan foto yang menarik. Agar hasil semakin ciamik, maka pengguna bisa memanfaatkan preset. Namun agar bisa dipakai, pengguna harus tahu cara memasukan preset lightroom dengan benar.

Apabila presetnya dimasukkan dengan proses yang tepat, maka penggunaannya akan mudah. Namun jika tidak dimasukkan dengan prosedur yang tepat, maka pengguna tidak akan bisa memanfaatkannya. Untuk lebih jelasnya, simak seluk-beluk cara dan tips di bawah ini:

Metode memasukkan Preset Lightroom di Android

Jika dirinci, cara memasukan preset lightroom ini sangat kompleks dan sangat detail. Urutannya sendiri ada banyak dan tidak bisa dilewati atau tidak diterapkan. Oleh karenanya, setiap detail langkahnya tidak bisa disepelekan begitu saja tanpa dipertimbangkan dengan baik.

Agar prosesnya berhasil, pastikan untuk menyediakan perangkat yang sesuai dan jaringan internet yang lancar. Selain itu, siapkan juga aplikasi Zarchiver untuk memudahkan proses. Jadi unduh dan pasang dulu aplikasi tersebut. Sedangkan untuk caranya, simak detail uraian berikut ini:

  • Sebagai awalan, langsung saja buka aplikasi Zarchiver yang sudah diunduh dan dipasang sebelumnya.
  • Kemudian, cari dan temukan file preset yang sudah dimiliki di perangkat untuk dipasang.
  • Jika sudah ditemukan, pencet filenya dalam waktu beberapa detik sampai muncul beberapa opsi pilihan.
  • Pencet opsi “Salin” untuk melanjutkan prosesnya.
  • Setelah itu, pencet tombol “Download” di bagian atas layar dan pilih opsi “Memori Perangkat”.
  • Apabila muncul kotak dialog baru, pilih “Android”, lanjutkan dengan memencet “Data”, dan akhiri dengan memencet tombol “Ok”.
  • Saat muncul tampilan baru, maka pengguna bisa memencet tombol “Gunakan Folder Ini” dan pencet tombol “Izinkan”. Dengan demikian, akses data sudah diberikan.
  • Jika semua proses di atas sudah diterapkan, maka sistem akan secara otomatis menampilkan folder data yang bisa difungsikan. Pencet saya menu “com.adobe.Irmobile” untuk melanjutkan.
  • Kemudian, pilih opsi sesuai urutan berikut tanpa ada yang tersisa: files, carouselDcuments, 04603…, profiles, setting, dan userstyles.
  • Setelah diberikan kotak halaman baru, langsung saja paste file yang disalin tadi.
  • Proses selanjutnya bisa dilakukan dengan memencet “File Preset” dan pilih “Ekstrak Disini”. Dengan demikian, file sudah terekstrak dengan benar dan preset sudah berhasil dimasukkan.

Sesuai dengan urutan proses di atas, setiap bagiannya harus diperhatikan dengan baik. Pastikan setiap detailnya tidak tersisa dan harus dipenuhi dengan baik. Apabila ada bagian yang terlewat, maka prosesnya akan gagal dan preset tidak akan bisa difungsikan.

Tips Memasukkan Preset Lightroom

Selain uraian proses atau cara memasukan preset lightroom, aspek tips-tipsnya juga harus dipahami dengan baik. Dengan adanya informasi ini, maka proses pengurusan presetnya bisa diselesaikan dengan lebih baik dan lebih terarah. Pengguna juga tidak akan menemukan kendala dalam prosesnya.

Setidaknya ada tiga tips utama yang akan diinformasikan. Setiap detail tipsnya sangatlah penting dan tidak bisa disepelekan begitu saja. Penasaran apa saja tips yang harus diperhatikan? Untuk lebih jelasnya, simak uraian penjelasan berikut ini:

  • Agar proses memasukkan preset lebih cepat, maka prosesnya bisa dijadikan satu kali. Aspek ini berlaku jika preset yang ingin dimasukkan jumlahnya lebih dari satu. Namun untuk penggunaannya tidak bisa dilakukan di saat bersamaan karena bisa membebani perangkat.
  • Apabila file preset masih berbentuk zip atau rar, maka konversi menjadi dng atau xmp terlebih dahulu.
  • Jika ada preset unduhan yang tidak bisa terbaca, maka selesaikan permasalahan dengan meng-upgrade aplikasinya.

Demikianlah rincian cara memasukan preset lightroom beserta beberapa tipsnya. Pastikan semua aspek di atas diperhatikan dengan baik. Apabila setiap bagiannya diperhatikan dengan baik, maka pemanfaatannya akan jauh lebih baik dan tidak akan menimbulkan masalah.